Wednesday, October 3, 2012

Hakikat Manusia sebagai Makhluk Sosial dan Makhluk Ekonomi

Ekonomi berasal dari bahasa "Latin", yaitu Oikonomia.
Oikonomia, berasal dari dua kata, yaitu : Oikos dan Nomos. Oikos berarti rumah tangga, Nomos berarti aturan. Berarti, Oikonomia adalah aturan rumah tangga.

Kedudukan manusia di bumi ini ada 3 : Manusia sebagai Makhluk Individu, Manusia sebagai Makhluk Sosial (Homo Socius), dan Manusia sebagai Makhluk Ekonomi (Homo Economicus). Tetapi, sekarang kita hanya akan mempelajari 2 kedudukan manusia. Yaitu sebagai Makhluk Sosial (Homo Socius) dan sebagai Makhluk Ekonomi (Homo Economicus).

I. Hakikat manusia sebagai makhluk sosial
Manusia sebagai makhluk sosial artinya adalah, manusia yang membutuhkan teman (orang lain) karena manusia tidak bisa hidup sendiri. Sesuai dengan pernyataan seorang ahli filsafat yang bernama Aristoteles. Ia mengatakan bahwa manusia adalah "Zoon Politicon". Yang artinya, Manusia yang selalu berinteraksi dengan orang lain.

Ciri-ciri manusia sebagai Makhluk sosial :
- Saling berinteraksi
- Saling membutuhkan
- Suka bergotong royong (bekerja sama)
- Tidak dapat hidup sendiri
- Saling membantu

II. Hakikat anusia sebagai makhluk ekonomi
Manusia sebagai makhluk ekonomi artinya adalah, manusia yang selalu mempertimbangkan manfaat dan pengorbanan (dapat berupa tenaga atau uang). dari setiap tindakan yang dilakukan serta tidak pernah puas.

Ciri-ciri manusia sebagai makhluk ekonomi :
- Bertindak secara Rasional
Bertindak secara rasional artinya, memperoleh hasil maksimal dengan pengorbanan yang minimal. Contoh : Menjahit seragam sekolah, dan Menawar barang.

- Tindakan yang dilakukan untuk kepentingan sendiri.

- Tindakan yang diambil sesuai dengan tujuan.

Makhluk sosial dan makhluk ekonomi yang bermoral.
Arti makhluk sosial dan makhluk ekonomi yang bermoral adalah, melakukan kegiatan ekonomi yang berlaku Arif (tepat dan bijaksana) dalam memanfaatkan sumber daya alam.

Sumber daya ada 2 jenis, yaitu :
-Sumber daya asli
*Alam
*Manusia

-Sumber daya turunan
*Modal (Uang, mesin produksi)
*Skill

Sumber daya adalah, segala sesuatu yang bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Sumber daya bersifat terbatas.

No comments:

Post a Comment